Lanskap pemasaran digital yang terus berubah mempersulit penentuan mana yang berhasil dan mana yang tidak. Namun, menganalisis apa yang terbaik untuk merek ternama bisa menjadi awal yang baik.
Namun, perlu diingat bahwa tidak semua perusahaan terkemuka menunjukkan rekam jejak yang bagus dalam kampanye pemasaran. Sebaliknya, beberapa dari mereka gagal secara drastis, sehingga mempengaruhi reputasi dan pendapatan mereka. Dalam artikel ini, kami akan memandu Anda melalui lima perusahaan yang benar-benar merevolusi konsep kesadaran merek dengan strategi inovatif mereka untuk kampanye pemasaran digital.
5 Kampanye Pemasaran Digital Terbaik dan Sukses beserta Contohnya
1) Oreo – “You Can Still Dunk in The Dark” memenangkan hati:
Oreo selalu unggul dalam hal pemasaran media sosial. Ini menciptakan kampanye yang jenaka namun sentimental yang langsung menarik perhatian audiensnya, yaitu anak-anak.
Salah satu langkah cerdasnya mencakup kampanye Twitter tahun 2013. Mereka memanfaatkan pemadaman listrik Superbowl dengan membuat tweet, “Anda masih bisa melakukan dunk in the Dark.” AdAge melaporkan bahwa tweet tersebut dirancang, ditulis, dan disetujui hanya dalam beberapa menit.
Listrik padam? Tidak masalah. pic.twitter.com/dnQ7pOgC
— Kue OREO (@Oreo) 4 Februari 2013
Sorotan dari Kampanye Oreo:
- Oreo telah menjadi raja media sosial dengan kesenangan, nada unik, dan relevansi budayanya.
- Oreo memanfaatkan kesempatan itu sebaik-baiknya. Sementara beberapa perusahaan khawatir tentang pemadaman listrik, Oreo mengambil langkah maju dengan tweet cerdasnya.
- Kampanye tersebut membuktikan bahwa sebuah merek tidak memerlukan strategi berbayar atau rumit untuk mempromosikan kontennya. Postingan sederhana dengan hashtag organik dapat memberikan keajaiban.
2) McDonald's – Tetap Terdepan Melalui Inovasi:
Jika Anda mencari jawaban praktis atas pertanyaan, “apa itu pemasaran digital?” McDonald's memiliki daftar panjang contohnya untuk Anda. Kampanye pemasaran digitalnya yang unik tidak hanya menghasilkan keuntungan besar bagi jaringan restoran cepat saji namun juga meningkatkan loyalitas dan keterlibatan pelanggan.
Salah satu kampanye utamanya adalah #CariItu pada tahun 2017, di mana aktris terkenal Mindy Kaling mendesak pemirsa untuk menggunakan Google “tempat di mana Coke terasa paling enak.” Kampanye ini merupakan langkah berani karena merek harus berada di posisi nomor satu ketika pengguna mencari tempat tersebut.
Hal serupa terjadi pada tahun 2018, McDonald's merilis tiga iklan yang menunjukkan bagaimana merek tersebut mempermudah perjalanan pelanggan dengan teknologi. Iklan tersebut diberi judul 'Tangan Penuh,' 'Dewasa,' Dan 'Itu pasti,' yang masing-masing menampilkan inovasi McDonald's yang berbeda, seperti aplikasi seluler, layar pemesanan, dan layanan meja. Begitu juga dengan itu #Senang mendengarnya kampanye pada tahun 2015 untuk menjernihkan kesalahpahaman tentang cara pembuatan nugget ayam.
Sorotan dari Kampanye McDonald's:
- Merek ini membuat langkah berani namun unik untuk menarik perhatian audiens yang dingin. Mereka yang bukan penggemar McDonald's tetapi Coke juga didesak untuk mencobanya.
- McDonald mempertahankan citra mereknya dengan menggunakan #Senang mendengarnya kampanye dengan menghilangkan mitos apa pun yang terkait dengannya.
3) JetBlue – Layanan Pelanggan Terbaik:
@JetBlue Ya! Kembali ke Boston! Saya mengharapkan parade penyambutan di gerbang. 😉
— Alexa Burrows (@Alexa_Burrows) 27 Mei 2014
Banyak perusahaan menggunakan media sosial untuk menyombongkan diri tanpa fokus pada apa yang diinginkan pelanggan. Untungnya, JetBlue memahami masalahnya dan memperkenalkan layanan pelanggan di Twitter-nya. Daripada menggunakan media sosial untuk mempromosikan tarif dan penawaran khusus, perusahaan menggunakan akunnya untuk menyediakan layanan pelanggan instan. Hal ini terlihat pada akun Twitter mereka yang hampir setiap pelanggan dibalas dengan @thread. Menjadi sangat luar biasa dalam bidang pemasaran, JetBlue menunjukkan pentingnya membangun hubungan dengan pelanggannya.
Sorotan dari Kampanye JetBlue:
- Perusahaan melakukan pekerjaan yang baik dalam menyeimbangkan materi promosi diri, dan pengikut informasi dapat mengambil manfaat darinya.
- Tim merespons setiap kali pengguna berinteraksi dengan profil online mereka untuk membangun kepercayaan dan hubungan baik dengan pelanggan.
4) Merpati – Harga Diri adalah Kecantikan Sejati:
https://www.youtube.com/watch?v=XpaOjMXyJGk
Salah satu kampanye terkenal Dove menekankan kepositifan tubuh dan harga diri. Kampanye pemenang penghargaan “Sketsa Kecantikan Nyata” menciptakan kembali konsep kecantikan di kalangan perempuan muda. Video tersebut meminta mereka untuk mendeskripsikan diri mereka sendiri, diikuti dengan komentar dari orang asing. Dua deskripsi berbeda diberikan kepada seorang seniman profesional, yang kemudian membuat sketsa dua potret berdasarkan pengamatan mereka. Idenya adalah untuk menunjukkan cara kita memandang diri sendiri versus cara orang lain memandang kita. Video tersebut menjadi salah satu video yang paling banyak dilihat sepanjang masa dan kini menjadi hashtag populer.
Hasilnya, penjualan Dove meningkat dari 2,5 miliar menjadi 4 miliar setelah kesuksesan “Kecantikan Sejati” kampanye. Tidak hanya itu, Dove juga berkolaborasi dengan beberapa platform media sosial seperti Twitter, Getty Images, dan Shutterstock untuk menemukan kembali konsep kecantikan dan harga diri wanita. Misalnya, Dove bekerja sama dengan Twitter pada tahun 2015 untuk #BicaraCantik kampanye untuk melawan komentar negatif tentang citra tubuh dan menanggapinya secara real-time. Mereka merilis iklan video yang membahas tentang body shaming di pra-pertunjukan Oscar 2015.
Lihat artikel terkait ini di bagaimana pemasaran video membantu bisnis dan apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan dalam pemasaran video merek
Sorotan dari Kampanye Dove:
- Kampanye “Sketsa Kecantikan Nyata” menarik banyak audiens dengan menargetkan tema-tema sentimental dan isu-isu umum yang berhubungan dengan masyarakat.
- Dove memiliki “sudut pandang” yang menjadikannya merek utama dan menonjol di antara para pesaingnya.
- Dove menerjemahkan audiens dingin menjadi prospek menggunakan “Jalani Pembicaraan” strategi. Dia “Harga diri” Proyek ini menjadi suara perempuan di seluruh dunia.
5) Airbnb – Menghasilkan Prospek Melalui Konten yang Ramah Pengguna:
Airbnb telah mengubah industri akomodasi secara radikal dengan strategi pemasaran digitalnya yang unik. Kontennya yang tidak biasa berfokus pada niat pengguna, dengan gambar eksklusif, pemandu wisata, dan pengalaman. Hal ini mengangkat merek ini lebih dari sekadar layanan pemesanan, terbukti dengan tingginya jumlah pengikut Instagram (4,7 juta) dan Facebook (16 juta).
Belajarlah lagi: Anjuran dan Larangan Iklan Instagram
Sorotan dari Kampanye Airbnb:
- Airbnb menawarkan konten terinspirasi perjalanan yang interaktif dan menginspirasi di saluran media sosialnya. Konten mereka menginspirasi orang untuk menggunakan aplikasi mereka untuk bepergian.
- Ini menghubungkan audiensnya dengan konten buatan pengguna seperti ulasan dan testimonial.
- Airbnb menggunakan pemasaran influencer untuk melibatkan pecinta perjalanan. Namun, hal ini tidak hanya terbatas pada media sosial saja. Podcast, webinar, dan penjangkauan kepemimpinan adalah platform populer lainnya untuk menjangkau mereka.
- Terakhir, Airbnb berkolaborasi dengan selebriti untuk mendapatkan perhatian ekstra dan memposting gambar influencer yang sedang bersantai dan bersenang-senang di destinasi Airbnb.
Bungkus:
Itu kampanye pemasaran digital terbaik menjangkau audiens mereka pada tingkat pribadi melalui konten yang menarik dan emosional. Mereka memastikan bahwa pelanggan mereka didengar dan diakui. Jika Anda sedang mencari kampanye yang mengharukan, ide-ide yang diberikan di atas mungkin terbukti memberikan hasil yang tinggi bagi bisnis Anda.
– Iklan –