Jika ada satu keterampilan yang harus dikuasai semua perawat, itu adalah kerja tim. Kerja sama tim adalah inti dari segala sesuatu yang dilakukan seorang perawat, dan bahkan ketika mereka bekerja sendiri, mereka tetap perlu melakukannya berhati-hatilah dari tim yang lebih besar.
Kerja tim melibatkan segalanya mulai dari membuat rencana perawatan dengan anggota staf lain, seringkali dokter, hingga bekerja dengan perawat lain untuk memastikan bahwa perawatan pasien adalah yang terbaik. Jika dilakukan dengan baik, kerja tim akan meningkatkan perawatan pasien dan mengurangi kemungkinan terjadinya kesalahan medis. Hal ini juga membuat seluruh rumah sakit (atau fasilitas kesehatan lainnya) bekerja lebih lancar dan efisien.
Mengapa Kerja Sama Tim dan Kolaborasi dalam Keperawatan Penting?
Kerja tim dan kolaborasi adalah bagian utama dari keperawatan, dan ada beberapa alasan untuk hal ini. Perawat adalah pusat perawatan pasien, dan jika mereka semua bekerja sama dengan cara yang benar, maka akan lebih mudah untuk merawat setiap pasien. Alasan lain mengapa kerja tim sangat penting adalah:
- Kepuasan kerja yang lebih baik. Ketika Anda bekerja dengan baik dalam tim, Anda akan menemukan bahwa pekerjaan Anda sebagai perawat jauh lebih baik. Pekerjaan Anda akan menjadi lebih mudah (meski belum tentu selalu mudah) karena Anda bisa membagi beban kerja. Anda juga akan mampu menyampaikan ide-ide dari kolega Anda, dan tingkat stres Anda akan berkurang ketika Anda memiliki staf lain yang dapat berbagi beban di tempat kerja Anda. Ketika semua orang bekerja untuk mencapai tujuan yang sama, tugas dan jadwal Anda akan menjadi lebih seimbang, dan Anda akan menjadi perawat yang lebih bahagia secara keseluruhan.
- Perawatan pasien yang lebih baik. Meskipun seorang perawat mungkin bertanggung jawab atas pasien tertentu selama giliran kerjanya karena kesinambungan perawatan merupakan aspek penting dalam keperawatan, bukan berarti tidak ada orang lain yang dapat membantu. Faktanya, penting bagi orang lain untuk membantu. Ketika para profesional kesehatan bekerja sama untuk merawat pasien dan berkolaborasi untuk memastikan perawatan pasien yang terbaik, layanan tersebut akan meningkat secara signifikan; tidak hanya itu, akan ada konsistensi pelayanan sepanjang setiap pasien dirawat di rumah sakit.
- Proses yang lebih efisien. Salah satu hal hebat tentang kerja tim adalah kekuatan setiap orang dimanfaatkan sebaik-baiknya. Ketika bekerja dalam tim, seseorang dapat mengalokasikan pekerjaan sesuai dengan spesialisasi rekan kerja dan di mana keterampilan, keahlian, dan bakat mereka berada. Hal ini menghasilkan proses yang paling efisien karena semua orang akan tahu persis apa yang harus dilakukan dan bagaimana melakukannya. Tentu saja, ini tidak berarti bahwa jika Anda secara pribadi lemah dalam satu bidang, Anda tidak boleh belajar bagaimana meningkatkannya – Anda memang harus melakukannya – tetapi mendelegasikan tugas sesuai dengan kekuatan, pengalaman, dan kualifikasi dengan cara ini dapat dilakukan tanpa kompromi. perawatan pasien karena bakat setiap anggota staf dimanfaatkan dengan baik dalam tim.
- Koneksi profesional yang lebih kuat. Ketika Anda memiliki pola pikir kerja tim yang baik dalam profesi keperawatan Anda, Anda dapat menemukan segala hal yang perlu Anda ketahui tentang rekan kerja Anda. Anda akan belajar kepada siapa harus bertanya tentang apa, memperkuat hubungan profesional Anda. Hal ini dapat mengarahkan Anda untuk menemukan seorang mentor atau bahkan menjadi seorang mentor.
7 Cara Teratas untuk Meningkatkan Kerja Sama Tim dan Kolaborasi dalam Keperawatan:
Dengan mengingat manfaat ini, Anda dapat menggunakan beberapa tips praktis untuk membantu meningkatkan keterampilan kerja tim dan kolaborasi Anda, yang akan meningkatkan Anda secara profesional dan dinamika tim di tempat kerja Anda. Sebagai seorang perawat, jika Anda dapat menerapkan nasihat ini dan meningkatkan kerja tim di tempat kerja keperawatan Anda, Anda akan mendapati bahwa beban kerja Anda berkurang, perawatan pasien Anda meningkat, dan kepuasan kerja Anda meningkat. Baca terus untuk mengetahui lebih lanjut.
1) Tingkatkan Komunikasi:
Meskipun kerja sama tim mungkin merupakan salah satu keterampilan paling penting yang perlu dimiliki seorang perawat, komunikasi tentu akan sangat penting dan bahkan mungkin setara dengan kerja tim yang baik. Bayangkan sebuah rumah sakit di mana staf perawat tidak berkomunikasi dengan baik; Hal ini akan sangat menakutkan bagi pasien dan keluarga mereka, yang tidak mengetahui apa yang sedang terjadi atau apa pengobatan yang mungkin mereka jalani (atau bahkan apa diagnosis mereka dalam beberapa kasus). Dalam gambaran yang mengerikan ini, perawatan pasien sendiri akan menghadapi risiko yang sangat besar; jika tidak ada perawat yang dapat berkomunikasi dengan profesional kesehatan lainnya mengenai rencana pengobatan dan informasi mengenai gejala pasien, dia dapat kehilangan poin-poin penting, dan pasien akan menderita.
Tentu saja, komunikasi adalah hal yang terpenting dalam keperawatan. Hal ini perlu diperhatikan dan ditingkatkan untuk meningkatkan kerja sama tim dan kolaborasi. Dengan komunikasi yang ditingkatkan, tim perawat Anda akan bekerja lebih efisien, dan menjadi jauh lebih dinamis, sehingga memastikan produktivitas dan kualitas perawatan berjalan beriringan tanpa kompromi.
Inilah latihan yang menarik: ambil langkah mundur dan pikirkan tingkat komunikasi yang terjadi saat ini di tempat kerja Anda. Apakah itu bagus? Bisakah ini diperbaiki? Jika ada keraguan, mungkin ini saatnya menerapkan cara baru dalam berkomunikasi, atau mungkin setiap orang memerlukan sedikit pelatihan tambahan untuk mengingatkan mereka mengapa hal itu merupakan bagian penting dari pekerjaan mereka. Setelah Anda mengevaluasi tingkat komunikasi dalam tim Anda, akan lebih mudah untuk menilai dengan tepat bagaimana meningkatkannya dengan cara yang tidak hanya membantu pasien tetapi juga memastikan perawat bahagia.
2) Bersikaplah Transparan:
Sebuah tim hanya akan berfungsi dengan baik jika setiap anggota tim sepenuhnya transparan; dengan kata lain, mereka harus terbuka dan jujur mengenai isu atau poin apa pun yang mungkin perlu diangkat. Satu-satunya cara bagi tim untuk memercayai setiap anggota – dan ini sangat penting; hanya satu mata rantai yang lemah berarti seluruh tim mulai berantakan – semua orang harus berbagi segala sesuatu yang relevan dengan pekerjaan mereka.
Menahan apa pun, meskipun Anda melakukannya karena tidak ingin menimbulkan keributan atau menimbulkan masalah, dapat menimbulkan masalah. Jika Anda jujur dan terbuka, Anda akan mampu mendorong kerja tim yang lebih baik karena semua orang di tim akan memiliki tingkat pengetahuan yang sama dan bekerja menuju tujuan yang sama, mengidentifikasi dan menyelesaikan masalah bersama.
Ada berbagai metode untuk meningkatkan elemen kerja tim dan kolaborasi Anda dalam keperawatan. Misalnya, Anda mungkin ingin membuat sistem di mana setiap orang berkumpul untuk memeriksa catatan pasien. Dalam hal ini, semua orang bekerja sama dan dapat menyarankan ide-ide yang mungkin tidak dipertimbangkan oleh perawat yang merawat pasien tersebut; Pertukaran ide yang terbuka dan jujur ini dapat membuat perbedaan nyata.
Cara lain untuk bersikap transparan adalah dengan mengajukan pertanyaan. Meskipun Anda mungkin tidak suka menunjukkan kepada orang lain bahwa Anda kurang pengetahuan atau mungkin kepercayaan diri dalam beberapa bidang, ini penting. Sejujurnya, ini satu-satunya cara Anda belajar lebih banyak dan mempertahankan kerja tim yang sangat baik serta perhatian yang sabar.
Jika Anda menyembunyikan fakta bahwa Anda tidak mengetahui sesuatu, orang-orang di tim Anda akan menganggap Anda mengetahuinya, yang dapat membahayakan pasien atau membuat pekerjaan Anda jauh lebih sulit. Jujurlah tentang kekurangan Anda dan luangkan waktu untuk mempelajari apa yang tidak Anda ketahui, dan Anda akan menemukan bahwa pekerjaan Anda jauh lebih mudah dan sukses.
3) Memperjelas Peran:
Meskipun Anda akan bekerja dalam sebuah tim (dan itu biasanya berarti setiap orang bekerja dengan cara yang sama), penting untuk dipahami bahwa masih ada peran yang harus dipenuhi dan bahwa setiap orang di tim tersebut akan bekerja dengan cara yang sedikit berbeda dan posisi yang unik. . Jika Anda ingin memiliki kerja tim yang lebih baik sebagai perawat, penting bagi Anda untuk memperjelas peran tersebut untuk memastikan bahwa setiap aspek pekerjaan selesai dan tidak ada yang terduplikasi. Setiap orang harus diberi tugas tanpa tumpang tindih, dan, seperti disebutkan, semakin baik Anda mengenal tim Anda, semakin mudah untuk menetapkan pekerjaan yang tepat untuk orang yang tepat.
Penting juga untuk menyampaikan alasan alokasi peran. Semakin banyak penjelasan yang Anda berikan, semakin Anda yakin bahwa tugas yang Anda delegasikan sudah benar. Selain itu, Anda harus memastikan tugas selalu dibagikan secara adil; Hal ini dapat menimbulkan masalah jika ada anggota tim yang merasa mereka selalu mendapatkan pekerjaan yang membosankan atau sulit dan mereka melihat orang lain secara konsisten menerima tugas yang lebih mudah atau lebih baik. Semua orang di tim harus bekerja sama dan bahagia – tidak hanya dengan peran mereka tetapi juga dengan peran orang lain.
4) Meningkatkan Kemampuan Beradaptasi:
Memang benar bahwa memiliki peran khusus dalam sebuah tim adalah penting dan merupakan cara terbaik untuk meningkatkan kerja tim dan efisiensi dalam keperawatan. Meskipun peran tersebut berubah dari hari ke hari karena pasien yang Anda temui dan kondisi yang mereka alami akan bervariasi. Namun, cara lain untuk memastikan kerja tim yang memadai adalah dengan meningkatkan kemampuan beradaptasi. Dengan mendorong kemampuan beradaptasi, Anda akan memastikan bahwa setiap orang di angkatan kerja Anda dapat beradaptasi semaksimal mungkin dan mengetahui apa yang harus dilakukan bila diperlukan – bahkan ketika keadaan berubah, seperti perawatan pasien, atau mungkin ketika ada keadaan darurat yang harus ditangani.
Memang benar jika dikatakan bahwa perawat yang paling mudah beradaptasi akan sangat memperhatikan segala sesuatu yang terjadi di sekitar mereka. Mereka dapat memberikan dukungan kepada semua pasien dan staf, dan mereka memiliki keterampilan pemecahan masalah yang baik, sehingga menjadikan mereka perawat yang lebih baik.
Jika Anda ingin meningkatkan kemampuan beradaptasi Anda sendiri atau orang lain, Anda dapat melakukannya dengan mengamati cara kerja orang lain dan bahkan mungkin membayangi mereka untuk mengetahui bagaimana mereka mengubah sistem kerja dan pola pikir mereka. Semakin mudah Anda beradaptasi, semakin baik bagi semua orang.
5) Tindak Lanjut:
Perawat sangat sibuk, dan sangat mudah untuk mengucapkan selamat tinggal kepada pasien dan tidak pernah mencari tahu lebih banyak tentang mereka. Anda mungkin bertanya-tanya apakah ini merupakan sebuah masalah, namun sejujurnya, dalam banyak kasus, hal ini bukanlah masalah besar – perawat dapat langsung beralih ke pasien berikutnya dan tetap bekerja sama dalam tim untuk memberikan perawatan terbaik yang dapat mereka berikan.
Namun, merupakan praktik yang baik untuk menawarkan semacam tindak lanjut dalam beberapa kasus. Pertama-tama, bagi pasien yang telah dipulangkan atau dibawa ke departemen lain. Semangat tim sangat luar biasa melihat kinerja mereka dan mengetahui bahwa pekerjaan yang diselesaikan bersama di departemen Anda memastikan bahwa dia dapat mengambil langkah berikutnya, dan kesehatan pasien telah meningkat karena upaya Anda dan kolega Anda.
Selain itu, tindak lanjut juga berguna dalam hal rujukan dan kebutuhan layanan kesehatan tambahan lainnya; jika Anda dapat mengambil inisiatif dan menindaklanjuti kebutuhan pasien Anda dan kemudian memberi tahu tim Anda tentang situasinya, ini akan menunjukkan kepada semua orang betapa bermanfaatnya memeriksa pasien dan melihat dampak positif dari pekerjaan mereka. Dampak langsung dari hal ini adalah peningkatan kerja tim karena, sekali lagi, Anda semua bekerja menuju tujuan yang sama untuk membantu pasien Anda dengan kemampuan terbaik Anda dan meningkatkan kesehatan mereka. Selain itu, menindaklanjuti perawatan pasien memiliki manfaat lain; ini memastikan tim tetap terorganisir dan berada pada jalurnya serta membantu Anda mencapai tujuan Anda.
6) Selesaikan Pelatihan Reguler:
Pelatihan merupakan bagian integral dari keperawatan. Semuanya dimulai ketika Anda mempertimbangkan program ABSN untuk memulai karir keperawatan Anda, namun itu bukanlah akhir dari segalanya. Setelah Anda memperoleh gelar keperawatan, pelatihan berkelanjutan tetap penting. Ini akan menghasilkan kerja tim yang lebih baik di tempat kerja keperawatan Anda.
Ketika setiap anggota tim perawat mengikuti pelatihan berkelanjutan – baik itu pelatihan formal seperti belajar untuk kualifikasi lain, atau pendidikan yang kurang formal atau bahkan pendidikan mandiri, seperti membaca blog dan berita industri – mereka dapat berbagi banyak informasi yang mereka pelajari dengan tim, memungkinkan semua orang memiliki pemahaman yang sama.
Selain itu, pelatihan akan membantu setiap kolega meningkatkan kemampuan mereka dan membekali mereka dengan lebih banyak pengetahuan. Keterampilan dan keahlian yang ditingkatkan memungkinkan mereka menjadi anggota tim yang lebih mudah beradaptasi dan kompeten yang dapat melakukan lebih dari sebelumnya. Oleh karena itu, keterampilan, kualifikasi, pengetahuan, dan kemampuan beradaptasi baru akan selalu membantu dan akan sangat meningkatkan kerja tim dalam lingkungan kerja.
7) Memberi Teladan bagi Orang Lain:
Saat bekerja sebagai bagian dari tim perawat, penting untuk diingat bahwa orang-orang akan memandang dan memperhatikan Anda, sama seperti Anda mengamati anggota tim lainnya, untuk belajar lebih banyak dan mendapatkan lebih banyak pengalaman. Oleh karena itu, sangat penting untuk bekerja keras dan melakukan segala sesuatunya dengan benar sehingga mereka yang menjadikan Anda sebagai panutan dapat mengambil pelajaran yang benar dengan cara yang benar.
Dengan kata lain, Anda harus menjadi contoh yang baik. Adalah bijaksana untuk berasumsi bahwa orang lain selalu memperhatikan cara Anda bekerja dan apa yang Anda lakukan dan katakan, yang berarti sebagai perawat profesional, Anda harus bertindak sesuai dengan hal tersebut. Secara keseluruhan, semakin baik Anda, semakin baik pula tim tersebut. Dengan semua orang menggunakan orang lain sebagai inspirasi, itu berarti setiap orang bekerja sebaik mungkin.
Ikuti Explore Insiders untuk mengetahui panduan dan berita industri kesehatan lainnya.
– Iklan –